URGENSI MOTIVASI DIRI DALAM MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA WARGA BELAJAR PKBM CIPTA CENDEKIA CIPONDOH KOTA TANGERANG

Authors

  • Ahmad Nazir Universitas Pamulang

Keywords:

Motivasi diri, Pendidikan, Perguruan Tinggi

Abstract

Motivasi merupakan akibat dari interaksi individu dan situasi, baik situasi internal maupun situasi eksternal. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat yang disingkat PKBM Cipta Cendekia adalah lembaga pendidikan non formal yang berfokus pada mendidik warga yang putus sekolah yang memiliki keinginan untuk melanjutkan sekolah kembali. Rumusan masalah pada pengabdian masyarakat ini adalah bagaimana pemahaman motivasi diri warga belajar, urgensi motivasi dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Metode yang dilakukan untuk PKM ini adalah Metode pendekatan dalam pengabdian masyarakat yang dilakukan di PKBM Cipta Cendekia Cipondoh dengan menggunakan metode dalam bentuk pelatihan, pembiasaan dan keterampilan melalui ceramah, demontrasi dan Tanya jawab yang dilaksanakan selama 3 hari. Adapun tahapan-tahapan dalam pelaksanaan kegiatannya, yaitu: ceramah, demonstrasi, tanya jawab, game/pelatihan. Adapun hasil dari pengabdian ini adalah Warga belajar PKBM menceritakan tentang motivasi mereka di dalama melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada diri mereka masing-masing, sehingga mereka menyadari pentingnya pemahaman tersebut untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi

Downloads

Published

2025-08-13

How to Cite

Nazir, A. (2025). URGENSI MOTIVASI DIRI DALAM MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA WARGA BELAJAR PKBM CIPTA CENDEKIA CIPONDOH KOTA TANGERANG. Jurnal Harmoni Ilmu Sosial Dan Abdi Bangsa (HISAB), 1(1), 8–16. Retrieved from https://ypppal-amsi.or.id/penelitian/index.php/JHISAB/article/view/54

Issue

Section

Articles